Cintailah Domain Lokal

Dunia blog menjadi sangat ramai saja lantaran banyaknya penyedia layanan blog gratis seperti blogger, wordpress, blogdetik, dll. tidak sedikit pula mereka yang menggunakan hosting pribadi dengan domain pribadi pula. banyak para blogger yang menggunakan domain internasional seperti .com, .net. dll dengan tujuan agar blog mereka bisa bersaing. padahal sebenarnya domain lokal juga tidak kalah saing dengan domain internasional dengan catatan sasarannya memang penduduk lokal alias indonesia.

Pihak PANDI sendiri sangat menyayangkan akan fenomena ini, bayangkan saja negara-negara lain seperti malasyia yang notabene pengguna internetnya jauh lebih sedikit dari indonesia domain lokal nya sudah mampu mendominasi para narablog di dalamnya, begitu juga dengan singapura dimana kita tahu singapura adalah negara yang kecil dan pengguna internetnya yang sedikit tapi domain lokal sangat diminati oleh penduduk blogger singapura sendiri.

Saya sendiri lebih suka memakai domain lokal, seperti web.id karena dengan beberapa pertimbangan/alasan berikut:

1. Target pembaca dan pengunjung blog ini memang penduduk asli indonesia karena kalau dilihat dari domainnya memang jelas berakhiran "id" yang bermakna indonesia

2. Harganya yang terjangkau bagi yang memiliki kantong yang tipis, tapi tidak usah khawatir walaupun harganya murah tapi tidak kalah saing dengan domain internasional sepeti. com, dll asal blog yang memiliki domain lokal benar-benar dioptimasi dengan semaksimal mungkin.

3. Bangga dan senang menjadi bagian dari pengguna domain lokal karena bisa menambah list pengguna domain lokal ^_^

Itulah beberapa alasan mengapa saya lebih memilih domain lokal, namun ada beberapa blog saya yang menggunakan TLD yang lingkupnya internasional seperti .com dkk. dan memang blog saya yang lainnya target jangkaunnya penduduk luar sana (bukan luar angkasa lho wkwk)

Kembali lagi kalau kita berbicara bagaimana kekuatan SEO nya, saya kira jawabannya tergantung kita selaku si-empu blog. apabila kita menerapkan teknis SEO yang ada seperti on page dan off page maka saya jamin deh tidak akan kalah saing.

Oleh karena itu saya sarankan agar lebih mencintai domain lokal, karena bagaimanapun juga domain lokal merupakan cermin bahwsanya perkembangan internet di negara indonesia patut dan perlu di acungi jempol.

Rating: 4.5

3 komentar:

{ Dwi Wahyudi } at: 3 Maret 2012 pukul 08.25 mengatakan...

Alhamdulillah untuk co.id dan web.id saya udah punya bro, saya kan nasionalisme. Hehehe... Hidup domain lokal Indonesia :-)

{ Akhmad saikuddin } at: 3 Maret 2012 pukul 09.23 mengatakan...

iya mas, mari dukung domain lokal :-D

{ kta } at: 7 Maret 2012 pukul 06.19 mengatakan...

iya lebih nasionalis :)

Posting Komentar

 
Return to top of page Copyright © 2012 | 988BET Agen Bola Untuk Prediksi Piala Eropa 2012 Redisigned by Me